Kamis, 18 Februari 2016

5 Teknik SEO Yang Selamanya Akan Berguna

Search Engine Optimization atau biasa disebut dengan istilah SEO, adalah sebuah faktor penting dan wajib dalam suatu blog maupun website. Dalam melakukan teknik SEO pada sebuah blog atau website banyak sekali teknik yang harus dilakukan, dimulai dari SEO On Page hingga SEO Off Page. Kedua teknik tersebut memiliki bagian-bagian yang lainnya.


Baca:

Tahukah Anda, untuk menargetkan visitor atau pengunjung yang akan datang ke blog atau website kita, itu tidak terlepas dari teknik SEO (Search Engine Optimization). Seperti yang telah saya katakan di atas, ada 2 teknik SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page, pasti Anda akan bertanya-tanya yang manakah dari kedua teknik SEO tersebut yang lebih penting. Saya akan membahasnya untuk Anda.


teknik seo, teknik dan cara seo 2016, seo selamanya, seo tidak mati


Pentingan manakah antara SEO On Page dan SEO Off Page?

Kebanyakan para blogger hanya menerapkan sedikit teknik SEO pada blog atau websitenya, jika Anda bertanya kepada saya Pentingan manakah antara SEO On Page dan SEO Off Page, maka saya akan menjawabnya kedua-dua teknik SEO itu sama-sama penting, wajib dan harus diterapkan pada blog dan website. Namun, menurut saya sebaiknya kita lebih menekankan pada SEO On Page. Kenapa begitu? Jadi begini, setiap langkah yang kita lakukan pada blog atau optimasi, pada kenyataannya bertitik utama pada blog itu sendirinya. Karena pengertian dari SEO On Page itu sendiri adalah optimasi yang di lakukan didalam blog itu sendiri, seperti mengatur heading, menulis artikel yang berkualitas dan bermanfaat, memberikan tag pada gambar, dan lain sebagainya.

Seperti yang telah di katakan oleh Matt Cuts sebelumnya, langkah dan rahasia untuk teknik SEO yang baik dan benar hanya ada 2 macam, yaitu Konten atau isi artikel yang original atau asli buatan kita sendiri tanpa copy paste dan menarik serta bermanfaat, serta adanya Backlink. Namun, dengan seiring perkembangannya, penggunaan Link Internal dan Social Signal dapat menjadi salah satu teknik SEO yang dapat kita gunakan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Selama yang saya ketahui, teknik atau langkah SEO berubah-ubah dari tahun ke tahunnya. Namun, cara SEO pada tahun 2016 ini tidak terlalu beda jauh dari tahun sebelumnya. Dan terlebih pada akhir tahun 2015 tidak terlihat adanya perubahan Algoritma Search Engine (mesin pencarian) Google yang mendasar, seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.


Lalu, Teknik SEO Apa Yang Akan Berguna Selamanya?

Merujuk pada teknik SEO yang dari tahun ke tahun mungkin saja akan mengalami perubahan yang mendasar. Namun, ada beberapa Teknik SEO Yang Akan Berguna Selamanya. Dan saya yakin teknik SEO yang akan saya uraikan ini tidak akan mengalami perubahan, mudah-mudahan. Nah, langsung saja ke teknik SEO yang akan berguna selamanya untuk blog atau website.


1. Memakai Template Yang SEO Friendly dan Responsiv

Template atau tampilan pada blog atau website bisa kita ibaratkan sebuah rumah yang berisikan perabot. Perabot dalam sebuah blog atau website tidak lain dan tidak bukan adalah artikel-artikel. Agar rumah kita mudah di cari oleh siapa saja, maka rumah kita harus ramah pengguna (setiap isi dalam blog mudah di cari oleh orang). Kenapa harus menggunakan template yang SEO Friendly? Ini agar memudahkan Spider Search Engine mendeteksi atau menemukan artikel yang ada di dalam blog kita. Maka gunakanlah template yang SEO Friendly dan Responsiv. Responsiv dalam arti jika blog kita di buka lewat komputer, ponsel, tablet, dan yang lainnya akan menyesuaikan dengan ukuran layarnya. Untuk itu saya menyarankan gunakanlah Template yang SEO Friendly dan Responsiv. Dimana saya dapat menemukan Template yang SEO Friendly dan Responsiv? Pertanyaan yang bagus. Anda dapat membelinya. Atau jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang sedikitpun, Anda dapat mendownloadnya. Banyak sekali situs penyedia Template Blog yang Gratis, Anda dapat mencarinya di google.


2. Menulis Konten Yang Original, Menarik dan Bermanfaat

Poin yang ke #2 ini paling banyak saya singgung pada artikel saya. Itu karena ini adalah hal terpenting dalam sebuah blog maupun website.
Artikel adalah hal pokok dan wajib yang harus ada dalam sebuah blog. Itu dikarenakan blog adalah sebuah media online yang berisikan artikel-artikel, artinya tinggi rendahnya traffik blog Anda bergantung pada kualitas artikel atau konten yang ada dalam sebuah blog tersebut.

Dalam menulis artikel, pastikan Anda menulis artikel yang menarik, unik dan bermanfaat. Jika artikel Anda tidak berkualitas itu hanya akan membuat Anda dan blog Anda menjadi rugi. Dan tentunya Anda tidak ingin bukan setelah sekian banyak waktu yang Anda luangkan untuk ngeblog dan membuat artikel hanya akan berbuahkan kegagalan karena artikel yang Anda buat tidak berkualitas. Untuk itu mulailah dari sekarang membuat artikel yang Original, Menarik dan Bermanfaat bagi pengguna internet.


3. Mencari Backlink Yang Berkualitas

Banyak sekali cara mencari dan membangun sebuah backlink, namun backlink yang berkualitas dan yang tidak berkualitas memiliki perbedaan. Ciri-cir dari backlink yang berkualitas adalah backlink relevan, backlink dari blog atau website yang memiliki pagerank, backlink dari situs yang memiliki authority yang tinggi, dan backlink yang dibangun dengan cara natural. Satu hal yang perlu untuk Anda ketahui, jika Anda bertukaran link antara sesama blogger, saya menyarankan pilih blog yang memiliki Page Rank dan Authority yang tinggi. Dan satu lagi, pilihlah blog ya se-Niche. Artinya blog yang sama pembahasannya dengan blog Anda.

 

4. Lakukanlah Aktivitas Pada Blog

Pada poin ke #4 ini yang saya maksud adalah meruju pada pengelolaan suatu blog, artinya blog haruslah memposting artikel baru sekitar 5 artikel per harinya. Namun jika Anda tidak ada waktu, Anda dapat memposting artikel 1 kali seminggu. Dan lakukanlah update terus menerus pada blog Anda dan jangan biarkan blog Anda terbengkalai.

Peringkat blog pada SERPs tidaklah permanent, baik itu peringkat tinggi maupun peringkat rendah. Blog yang dalam kurun waktu yang sangat panjang tanpa melakukan aktivitas atau update pada blognya akan berpotensi mengalami penurunan peringkat. Nah, untuk itu mulai sekarang lakukanlah aktivitas atau update pada blog Anda secara terus menerus.


 

5. Memperhatikan Kesehatan Pada Blog

Kesehatan suatu blog sangat mempengaruhi peringkat blog pada search engine. Lakukanlah submit blog pada Google Webmaster tool, dan perhatikan juga kesehatan blog Anda agar tidak ada broken link, duplicat tittle, dan masalah lainnya.

 

Demikian artikel tentang 5 Teknik SEO Yang Akan Berguna Selamanya. Semoga artikel ini bermanfaat, jika bermanfaat jangan lupa di share ya. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar. Terimakasih! 
Load disqus comments

0 komentar