Rabu, 13 Januari 2016

Mengenal Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page | Cara SEO Terbaru 2016

Apa itu seo on page dan seo off page, apa itu seo on page, apa itu seo off page, apa itu seo, bagaimana cara seo 2016


Ini adalah sambungan dari artikel saya yang sebelumnya, yaitu Mengenal Apa Itu Bagi Pemula. Didalam artikel itu saya berkata bahwa saya akan membahas Tentang SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE. Seperti yang sudah saya katakan, kali ini saya akan membahas kedua SEO itu pada artikel kali ini.

Jika kalian sudah tahu Apa Itu SEO silahkan melanjutkan membaca artikel ini. Bagi Anda yang belum tahu Apa Itu SEO silahkan baca dulu artikel saya yang sebelumnya Mengenal Apa Itu Bagi Pemula. Setelah dibaca silahkan kembali kesini.

Nah, seperti yang sudah kita ketahui bersama, SEO sangatlah penting. Dengan melakukan SEO kita dapat membuat situs atau blog kita berada di Page One atau halaman pertama search engine seperti google, bing, dll. Saya tidak perlu menjelaskan lagi Tentang Apa Itu SEO, karena saya sudah membahas Apa Itu SEO pada artikel sebelumnya, silahkan dibaca.

Ada 2 macam SEO yang harus dilakukan dalam suatu situs atau blog, yaitu;

SEO ON PAGE

SEO On Page adalah optimalisasi SEO yang dilakukan didalam situs atau blog itu sendiri. Ada beberapa yang dapat dilakukan pada SEO On Page ini, yaitu;

 

Memilih Template

Siapa kira template juga mempengaruhi SEO. Dengan template yang SEO dapat menaikan reputasi situs atau blog. Sepeti yang kita lihat, ada template dengan tampilan yang keren, namun dari segi nilai SEOnya rendah. Begitu juga dengan sebaliknya. Jika Anda ingin memiliki template yang SEO, Anda bisa membelinya, namun jangan khawatir, sekarang sudah banyak penyedia template SEO yang gratisan yang setara tampilan Premium. Anda bisa mencarinya di google.

Mengatur atau Memasang Meta Tags

Agar suatu situs atau blog lebih SEO, Anda harus memasang Meta Tags. Ada macam-macam jenis Meta Tags, yaitu Deskripsi, keyword, meta author, dll. Contohnya saja Meta Deskripsi, dengan membuat Deskripsi yang baik dapat menambah nilai SEO yang berfungsi memuat informasi yang mendeskripsikan halaman blog pada Search Engine.

Mempercepat Loading

Jika loading situs atau blog Anda lemot, otomatis pengunjung bosan untuk mengunjungi situs atau blog Anda. Namun berbeda sebaliknya, jika loadingnya cepat, otomatis pengunjung akan senang, bukan hanya pengunjung, tapi spider crawl google juga senang. Cara agar loading situs atau blog menjadi ringan, hindari penggunaan JavaScript, ini biasanya digunakan pada widget. Artinya, hindari widget yang tidak penting dan gambar yang berlebihan.

Buat Artikel Original dan Berkala

Buatlah artikel yang asli hasil karya sendiri, karena google membenci artikel yang copy paste. Situs atau blog yang suka copy paste bisa-bisa situs atau blognya kena blokir. Jika Anda ingin copy paste artikel, usahakan merubah isi Artikel itu kira-kira 50% - 80%an dari artikel aslinya dan cantumkan link tempat artikel yang Anda copy paste.
Dan buatlah artikel secara berkala atau sering, minimal 3 - 5 per hari.

Berilah Tanda Pada Keywoard

Berilah tanda di setiap keyword pada artikel, contohnya seperti menebalkan tulisan, membuat tulisan miring, menggaris bawahi tulisan atau tulisan memberikan warna. Dan gunakan tag alt dan title pada gambar, agar search engine mampu mendeteksi gambar pada situs atau blog Anda.

Berilah Keywoard Pada Title / Judul

Janganlah membuat judul artikel yang sembarangan. Buatlah judul artikel yang mengandung keywoard, karena judul adalah tempat yang tepat untuk memasang keywoard dan mengambarkan isi dari artikel tersebut. Jangan sampai judul artikel tidak sesuai dengan isi artikel, karena nantinya yang kalian lakukan akan sia-sia saja membuat artikel.


SEO OFF PAGE

SEO Off Page adalah kebalikan dari SEO On Page, yaitu Optimalisasi SEO dari luar situs atau blog. Yang perlu dilakukan dari SEO Off Page ini sendiri adalah mencari Backlink sebanyak-banyaknya atau mempromosikan situs atau blog kita sosial media atau social bookmark.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan pada SEO Off Page, yaitu dengan cara;
  • Share Artikel

Melakukan SEO Off Page dapat dilakukan dengan caqa share artikel. Sharelah artikel atau promosikan situs atau blog di sosial media atau jejaring social, seperti Facebook, Twitter, dll.
 
  • Submit Web

Submitlah situs atau blog Anda ke berbagai Webmaster Tools atau web directory. Dan submitlah situs atau blog Anda ke Social Bookmark. Seperti Google Webmaster.
 
  • Blogwalking Untuk Mendapatkan Pengunjung

Lakukanlah cara ini, yaitu dengan ber blogwalking dan mencari backlink dengan cara berkomentar di blog Dofollow dan ber page rank tinggi. Atau Anda juga dapat ber tukar link dengan blogger lain, tapi dengan blog dofollow dan ber page rank tinggi.
 
  • Membuat Artikel di Forum

Buatlah artikel di sebuah Forum terkenal, seperti Kaskus, dan forum-forum lainnya.
 
  • Meletakan Link

Anda dapat meletakan link di situs-situs penyedia layanan gambar, seperti pinterest, pulsk, dll. Anda juga dapat meletakannya pada blog yang menyediakan Guest Book.

Begitulah cara melakukan dan penjelasan tentang SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk teman-teman blogger yang ingin mengetahui tentang SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE. Selamat menerapkannya pada situ atau blog Anda

Silahkan mengcopy artikel ini, tapi saya mohon untuk mencantumkan link artikel asli. Dan berkomentarlah dengan baik dan sesuai dengan judul dan isi artikel ini. Terimakasih.
Load disqus comments

2 komentar