Kamis, 18 Februari 2016

Pelajari Apa Yang Membuat Blog Menjadi Berkualitas

Sebelum saya membahas lebih jauh mengenai Apa Yang Membuat Blog Menjadi Berkualitas, saya ingin bertanya kepada Anda terlebih dahulu. Apakah Anda pernah mengunjungi sebuah blog atau website berkali-kali atau setiap Anda membutuhkan? Nah, jika Anda sering berkunjung ke sebuah blog atau website itu berarti blog itu sudah bisa di katakan berkualitas. Kenapa saya mengatakan sudah berkualitas? Itu karena Anda membutuhkannya.

Lalu, pasti Anda akan bertanya-tanya, faktor apa yang dapat membuat Anda selalu mengunjungi blog atau website tersebut? Biar saya yang menjawab. Seperti yang telah saya katakan di atas, itu dikarenakan blog atau website tersebut berkualitas. Didalam blog yang sering Anda kunjungi tersebut pasti banyak artikel-artikel yang menarik, bermanfaat dan unik yang dapat membantu kebutuhan pribadi Anda. Nah, dari kata "Membantu Kebutuhan Pribadi" itulah kita dapat menyimpulkan bahwa blog itu berkualitas atau sangat berkualitas. Saya sendiri juga punya beberapa daftar blog yang sering menjadi referensi saya dalam menulis artikel dan untuk kehidupan sehari-hari saya.


ciri-ciri artikel berkualitas, cara membuat artikel yang berkualitas, baik dan bagus


Apa Alasan Utama Anda Dalam Membuat Blog?

Sebelum kita masuk ke inti artikel, mari kita bahas sedikit tentang Alasan kita membuat blog.
Membuat blog haruslah mempunyai Planning atau rencana tersendiri. Janganlah membuat blog asal-asalan tanpa mengetahui tujuan kita membuat blog. Ada 2 alasan yang harus Anda singkirkan dalam pikiran Anda ketika membuat blog, yaitu:

  • Mengharapkan banyaknya datang pengunjung
Hilangkanlah pikiran ya satu ini. Tidak usah mencari pengunjung, karena pengunjung akan datang dengan sendirinya jika blog kita tersebut berkualitas. Saya akan menjelaskan Ciri-ciri blog yang berkualitas nantinya di bawah.

  • Janganlah memikirkan profit keuntungan atau dollar atau penghasilan
Ini haruslah di hindari. Banyak sekali para blogger yang membuat blog hanya untuk ingin di terima oleh Google Adsense (Periklan PPC dengan bayaran yang menggiurkan). Mereka sudah membuat blog dan sudah melakukan berbagai cara agar di terima oleh Google Adsense, namun akhirnya di tolak. Kalau di tolak tidak apa-apa, tapi jika nantinya sudah diterima tapi malah kena banned, itu malah menyakitkan. Jadi hindarilah kedua poin ini dalam pikiran Anda.

Lalu bagaimana cara membuat agar menjadi berkualitas? Nah, sekarang kita sudah hampir masuk ke inti pembahasan. Mari kita simak secara seksama.

Cara Membuat Blog Menjadi Berkualitas

Seperti judul artikel saya ini, yaitu "Pelajari Apa Yang Membuat Blog Menjadi Berkualitas". Yap! Disini kita akan mempelajari dengan menjadikan blog kita berkualitas dan serta ciri-ciri dari blog yang berkualitas. Sebelum itu saya ingin bertanya satu hal kepada Anda, apakah blog yang berkualitas itu di lihat dari jumlah banyak sedikitnya visitor (pengunjung) dan penghasilan (uang masuk hasil ngeblog)? Ya? Tidak?
Jika Anda bertanya balik ke saya, maka saya akan menjawabnya dengan lantang, Tidak! Kenapa tidak? Jadi begini, apa gunanya pengunjung banyak jika tidak membaca isi dari artikel yang kita buat. Dan apa gunanya penghasilan dari ngeblog banyak jika konten yang kita sajikan tidak bermanfaat bagi pembaca.

Untuk itu saya ingin menghilangkan presepsi para blogger tentang blog yang berkualitas dilihat dari segi banyak sedikitnya pengunjung dan penghasilan. Untuk itu mari simak apa yang membuat blog menjadi berkualitas.


Apa Yang Membuat Blog Menjadi Berkualitas?

Pertanyaan di atas sering sekali di lontarkan para blogger, untuk itu saya akan membahasnya disini. Apa yang membuat blog menjadi lebih berkualitas? Menurut saya hanya ada 3 poin saja untuk menjadikan sebuah blog menjadi berkualitas, yaitu.


1. Tampilan Blog atau Template Blog

Ini poin #1 yang harus dilakukan awal pembentukan blog, yaitu template. Ingatlah, pertama yang dilihat pengunjung ketika berada di blog kita adalah tampilan dari blog kita, karena tampilan blog bisa di ibaratkan sebuah rumah. Tampilan blog yang baik itu adalah dengan memberikan Navigasi yang jelas yang dapat memudahkan pengunjung meng-acak-acak isi dari blog kita. Dan selain itu juga, warna layout dan backgroundnya nyaman juga dapat membuat pengunjung betah berada di blog kita. Selain itu, perhatikan juga loading dari templatenya. Pilihlah template yang SEO Friendly dan Responsiv, karena template yang seperti itu sudah dipastikan tampilan sangat baik. Anda dapat membeli template yang SEO Friendly dan Responsiv. Atau Anda juga dapat mencarinya di Google, karena banyak sekali pakar pembuat template blog yang SEO Friendly dan Responsiv yang gratis.


2. Loading Blog Yang

Poin ke #2 ini adalah salah satu Ciri-ciri blog yang di sukai Google. Karena google memasukan kecepatan loading suatu blog ke salah satu faktor penentu dalam menyusun peringkat di search engine google. Selain google, blog yang mempunyai loading yang cepat juga di sukai oleh pengunjung karena pengunjung tidak terlalu berlama-lama menghabiskan waktu saat menunggu loading blog.

Tahukan Anda, blog yang mempunyai loading yang lambat dan berat cenderung pengunjung akan meninggalkannya. Lalu bagaimana cara agar membuat loading blog menjadi cepat? Ada 2 larangan yang harus Anda hindari dalam blog Anda, karena ini berpengaruh terhadap kecepatan loading blog, yaitu.


  • Template yang tidak SEO Friendly dan Responsiv
Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin #1 di atas, yaitu template mempengaruhi kecepatan loading blog. Untuk itu pilihlah template yang SEO Friendly dan Responsiv. 
  • Widget yang berlebihan
Poin ke #2 ini sebaiknya Anda perhatikan dengan baik-baik. Hindarilah penggunaan widget yang berlebihan pada blog, karena itu dapat memberatkan blog. Dan hindari widget yang ber-plugin, penggunaan JavaScript yang berlebihan dan konten Multimedia.

Nah, untuk itu mulai sekarang perhatikanlah loading blog Anda.


3. Isi Konten atau Artikel Yang Menarik, Unik dan Bermanfaat

Kenapa ini saya letakan pada bagian akhir? Karena ketika Anda membuat blog tentunya Anda menghias blog Anda dulu dengan template dan mengatur kecepatan loading dari blog Anda, setelah itu barulah Anda memulai untuk membuat artikel.

Tapi poin ke #3 ini menurut saya lebih penting dari kedua poin di atas. Karena isi konten dari blog adalah hal paling terpenting, jika konten dari blog Anda Menarik, Unik dan Bermanfaat tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri terhadap pengunjung. Jika pengunjung puas, tidak menutup kemungkinan pengunjung itu akan berkunjung balik ke blog kita dan juga akan menyebarkan blog kita ke teman-temannya, baik itu secara langsung, share ke social media maupun memasang link yang menuju ke blog kita.



Apakah Artikel yang berkualitas penting?

Pernahkah pertanyaan di atas terlintas di pikiran Anda? Jika iya, mari kita bahas.
Pernahkah Anda mendengar sebuah istilah "Content Is King"? Kulitas konten itu sangatlah penting, karena dicari oleh banyak orang. Ada 4 alasan kenapa artikel yang berkualitas itu sangatlah penting, yaitu.

 
*. Karena yang berkualitas itu jarang di temukan atau bisa kita katakan langka
*. Dapat membuat orang berkunjung kembali dan juga merekomendasikannya
*. Akan banyak yang menjadi Follower dari blog kita
*. Dan artikel yang berkualitas akan menarik perhatian orang untuk membaca artikel yang lainnya

Nah, itulah 4 alasan kenapa saya mengatakan artikel yang berkualitas itu sangat penting. Perlu Anda ketahui, sebenar teknik SEO tidaklah terlalu penting. Kenapa tidak terlalu penting? Karena jika Anda dapat membuat artikel yang Menarik, Unik, Bermanfaat dan Berkualitas maka teknik SEO tidak dipentingkan lagi. Namun berbeda sebaliknya, jika Anda tidak terlalu mahir dalam membuat artikel yang Menarik, Unik, Bermanfaat dan Berkualitar maka ada baiknya Anda melakukan teknik SEO.


Pernahkah Anda melihat sebuah blog yang tidak SEO? Saya pernah menemukan beberapa blog dan website yang tidak SEO, tapi isi artikelnya sangatlah menarik, unik dan bermanfaat. Bahkan pengunjungnya pun sangat banyak per harinya. Untuk itu buatlah artikel yang Menarik, Unik, Bermanfaat dan Berkualitas agar dapat menarik pengunjung untuk membacanya.



Cara Mengetahui Blog Yang Mempunyai Konten Berkualitas

Apakah Anda ingin mengetahui apakah blog Anda mempunyai konten yang berkualitas? Anda dapat melihatnya dari 2 indikator ini, yaitu.

1. Menganalisa Melalui Google Analytic

Pernah mendengar Google Analytic? Google Analytic adalah sebuah Tool dari Google yang mendapingi Webmaster Tool. Selain berfungsi seberapa banyak pengunjung blog kita, tool ini juga dapat melacak konten. Laporan dari google analytic ini bisa lihat sejauh mana kualitas blog kita. Caranya dengan melihat dari 3 parameter berikut.
 
a. Pageviews
b. Bounce Rate
c. Session Duration
 
Istilah dari 3 parameter tersebut dapat Anda cari di google.

 

2. Melihat Seberapa Banyak Pertanyaan Yang Datang

Jika Anda menerima pertanyaan baik itu dari komentar blog, akun social media maupun email, itu berarti blog Anda berkualitas karena pengunjung ingin mengetahuinya lebih dalam.


Nah, itu  artikel mengenai Pelajari Apa Yang Membuat Blog Menjadi Berkualitas. Semoga ini membantu Anda dalam menulis artikel menjadi berkualitas
Load disqus comments

0 komentar