Kamis, 28 Januari 2016

Inilah 8 Widget Penting dan Wajib Untuk Meningkatkan SEO Blog



Membuat blog bisa kita ibaratkan membuat sebuah rumah, yap rumah! Seperti yang kita ketahui bersama, rumah mempunyai penghuni, perabotan, halaman, dan lain sebagainya. Begitu pulalah dengan sebuah blog, blog juga mempunyai penghuni yaitu admin blog, perabot yaitu widget, halaman yaitu tampilan blog, dan lain sebagainya juga.

Rumah yang baik dan indah tentunya harus mempunyai perabotan yang bagus. Begitu pulalah dengan blog, blog yang baik dan indah tentunya juga harus mempunyai perabotan atau widget yang bagus yang dapat mempercantik blog tersebut. Untuk itu saya akan membahas dan memberitahukan Anda tentang Widget Penting dan Wajib Untuk Meningkatkan SEO Blog dan Mempercantik Blog.

Widget blog yang akan saya beritahukan ini bukan sekedar untuk mempercantik blog saja, namun juga berpengaruh terhadap SEO (baca: Mengenal Apa Itu SEO Bagi Pemula) blog. Kenapa saya mengatakan berpengaruh terhadap SEO blog? Karena jika Anda salah dalam memilih widget untuk blog bisa saja persentase SEO blog Anda akan berkurang dan jika Anda juga menggunakan widget yang berlebihan juga akan bisa membuat blog Anda menjadi semakin berat alias loadingnya lama. Jika loading blog Anda berat, otomatis pengunjung blog Anda akan merasa sedikit terganggu dan jera untuk mengunjungi blog Anda.

Nah, untuk itulah Anda harus berhati-hati dalam memilih widget untuk blog Anda. Sebelum saya membahas Widget Penting dan Wajib Untuk Meningkatkan SEO Blog, saya akan menjelaskan Fungsi Widget terlebih dahulu kepada Anda yang belum mengetahuinya.


Fungsi Widget

Apasih Fungsi dari Widget? Widget biasanya berfungsi untuk memberikan kenyamanan maupun kemudahan kepada pembaca atau pengunjung blog agar mudah mendapatkan informasi dari halaman blog tersebut. Biasanya widget dipasang atau diletakan di sidebar, header maupun bawah header, footer dan ada juga widget yang melayang.

Setelah Anda mengetahui fungsi dari widget, apakah Anda sudah mengetahui Widget Penting dan Wajib Untuk Meningkatkan SEO Blog? Jika Anda belum mengetahuinya, Anda berada di blog yang tepat, disini atau lebih tepatnya di artikel ini saya akan membahas semuanya.

Widget Penting dan Wajib Untuk Meningkatkan SEO Blog

Berikut adalah widget-widget penting dan wajib untuk blog.

1. Sitema atau Daftar Isi

Ini adalah widget yang paling penting dan wajib harus ada dalam sebuah blog. Karena dengan widget ini dapat memudahkan pengunjung atau pembaca melihat isi dari blog kita, yang dimana sitemap atau daftar isi ini adalah keseluruhan isi dari postingan kita. Sitemap atau daftar isi bisa kita pasang diblog kita dengan memasang archive dari widget bawaan blogspot, tapi widget bawaan blogspot ini belum tertata rapi. Namun tahukan Anda, sitemap atau daftar isi yang baik seharusnya tertara rapi berdasarkan label atau kategori blog, sebagai contohnya lihat daftar isi blog saya (lihat: Daftar Isi).



Baca : Cara Membuat Sitemap (Daftar Isi) SEO Friendly Untuk Blog


2. Populart Post atau Artikel Populer

Widget yang kedua ini adalah widget yang hanya berisikan artikel-artikel yang populer, artinya artikel yang paling banyak dibaca oleh pengunjung. Apakah Anda tau Backlink? Popular post ini bisa dikatakan berfungsi seperti backlink, namun dari blog kita sendiri. Semakin banyak artikel baru yang kita update maka link pada popular post ini seperti mendapatkan backlink yang unik dan bagus dari artikel tersebut. Widget popular post ini adalah Widget yang bisa kita katakan penting, penpting karena popular post sendiri yang berfungsi untuk mempertanankan blog atau artikel kita di SERP. Itu karena semakin sering Anda untuk mengupdate artikel, maka semakin banyak pulalah backlink yang unik, bagus dan berkualitas dari popular post itu sendiri. Namun dengan catatan, artikel yang Anda buat haruslah artikel yang unik dan berkualitas. Bukanlah artikel yang copy-paste.

Baca : Widget Popular Post (Artikel Populer) Keren Warna-Warni Untuk Blog


3. Recent Post atau Artikel Terbaru

Widget ini adalah widget yang hanya menampilkan artikel terbaru saja. Jika Anda memasang resent post ini dan Anda membuat artikel baru, maka artikel baru Anda akan langsung berada pada widget resent post ini. Ini berfungsi agar pengunjung mengetahui kalau blog Anda sedang ada update artikel baru.

Baca : 4 Macam Widget Recent Post (Artikel Terbaru) Yang Responsiv Keren dan Simple Untuk Blog


4. Label atau Kategori

Ini sama dengan widget Sitemap atau Daftar isi. Namun hanya beda sedikit saja, jika sitemap atau daftar isi menampilkan semua isi dari postingan blog kita, namun lain halnya dengan label atau kategori, dia hanya menampilkan label saja. Contohnya saja artikel ini tentang "Inilah Widget Penting dan Wajib Untuk Meningkatkan SEO Blog" saya memasukannya ke label "Seputar Blogging", maka dia hanya menampil label "Seputar Blogging" saja.

Baca: 3 Macam Widget Label (Kategori) Responsiv Keren dan Simple Untuk Blog


5. Related Post atau Artikel Terkait

Ini juga sangat berpangaruh terhadap backlink. Karena ini adalah artikel terkait yang berkaitan dengan artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung, biasanya ini terletak dibagian bawah postingan blog. Jika pengunjung mengklik artikel terkait, maka akan dapat menambahkan page view dari blog Anda, jika page view bertambah makan akan semakin cepat artikel tersebut naik ranking pada search engine atau mesin pencariaan.


6. Kotak Pencarian atau Search Engine

Ini sama halnya dengan google, jika kita mengetikan kata yang ingin kita cari pada google, maka akan keluar hasil yang kita cari. Begitu pula dengan kotak pencarian pada blog, jika ada pengunjung yang mengetikan kata yang ingin dia cari pada blog kita makan akan keluar artikel-artikel yang mungkin saja yang dimaksud oleh pengunjung. 

 

7. Widget Follower Blog

Ini agar memudahkan pengunjung atau pembaca mendapatkan informasi terbaru dari blog kita. widget follower ini akan memudahkan pengunjung mengikuti blog Anda, jika pengunjung tersebuat mengikuti blog Anda, dia akan mendapatkan kiriman artikel terbaru dari dashboard blognya setiap kali Anda membuat artikel baru.


8. Situs Social Media atau Jejaring Sosial

Kita dapat memasang atau memasukan account sosial media kita kedalam blog, agar pengunjung mudah untuk berkomunikasi dengan pemilik blog. Anda dapat menambahkan sosial media Anda seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Pinterest dan lain sebagainya.

Itulah 8 Widget Penting dan Wajib Untuk Meningkatkan SEO Blog Anda. Anda boleh memasangnya dan boleh juga tidak memasangnya, tapi saya menyarankan untuk memasangnya, karena saya memakai itu semua pada blog saya.


Satu hal yang perlu Anda ingat, semakin banyak widget pada blog maka semakin berat blog tersebut. Jadi pakailah widget yang penting-penting saja dan hindari penggunaan JavaScript yang berlebihan pada widget.


Terimakasi telah membaca artikel saya, semoga ini bermanfaat untuk Anda dan pembaca yang lainnya.
Load disqus comments

3 komentar