Rabu, 20 Januari 2016

10 Hal Wajib Yang Harus di Perhatikan Dalam Membuat Postingan Blog

cara membuat postingan blog, postingan keren blog, cara ampuh agar postingan menarik


Membuat postingan dalam sebuah blog adalah termasuk hal yang wajib yang harus ada dalam sebuah blog. Jika tidak ada postingan dalam sebuah blog, apalah arti sebuah blog untuk dibuat. Karena adalah hal yang wajib, oleh karena itu saya akan membahasnya dalam artikel kali ini, yang berjudul 10 Hal Wajib Yang Harus di Perhatikan Dalam Membuat Postingan Blog.

Mungkin artikel yang akan saya bahas ini sangat berguna bagi pemula yang seperti saya dan mungkin tidak akan berguna untuk master-master. Untuk itulah artikel ini saya peruntukan khusus bagi pemula yang baru mengenal blog.

Saya akan membagikan sedikit Tips dalam Membuat Posting Blog Yang Baik untuk pemula. Mungkin tips ini dapat menjadi langkah awal dalam membangun blog kita ke arah yang lebih baik dan dapat menguji kemampuan kita dalam menulis postingan yang baik.

Bagaimana Cara Membuat Postingan Blog Yang Baik?

Membuat postingan blog yang baik terkadang bisa dikatakan hal yang mudah dan susah, untuk itu saya akan memberikan tipnya pada artikel ini.
Berikut adalah 10 Hal Wajib Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Membuat Postingan Blog:

1. Judul Postingan

Ini adalah hal yang paling utama yang harus Anda perhatikan dalam membuat postingan pada blog. Didalam judul postingan, ada hal wajib yang harus Anda perhatikan, yaitu:
*. Judul blog sebaiknya janganlah terlalu panjang dan terlalu pendek.
*. Harus unik, supaya dapat menarik perhatian orang-orang untuk membacanya.
*. Tidak disingkat, seperti "yang" disingkat menjadi "yg". Kenapa tidak boleh disingkat? Karena Search Engine (Mesin Pencarian) mencari kata-kata yang diketikan oleh para pencari.
*. Harus sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
 

2. Isi Postingan

Nah, ini bagian kedua yang wajib yang harus ada dalam postingan. Postingan yang bagus itu menurut saya adalah posting yang bermanfaat dan unik bagi pembacanya. Kenapa harus bermanfaat dan unik? Karena jika isi postingan dari blog Anda itu bermanfaat dan unik pastinya pengunjung akan membaca postingan Anda sampai selesai. Dan bahkan bisa saja pembaca itu menjadi pengunjung setia dari blog Anda sendiri. Nah, jika pengunjung membaca postingan Anda sampai selesai otomatis dia akan berlama-lama di blog Anda, karena lama pengunjung itu akan dapat meningkatkan SEO dari blog itu sendiri.

3. Isi Postingan Memiliki 1500 Kata atau Lebih

Membuat postingan pada blog memang bisa dikatakan agak susah, apalagi harus mencapai 1500 kata. Kenapa postingan harus memiliki 1500 kata? Jawabannya adalah agar mudah terindex oleh search engine dan menempati Page One atau halaman pertama pada search engine. Sebenarnya kurang dari 1500 juga bisa terindex, tapi saya yakin tidak akan menempati halaman pertama pada search engine. Untuk itu saya sarankan sebaiknya isi postingan harus memiliki 1500 kata atau lebih.

4. Memasukan Gambar Pada Postingan

Kebanyakan para pemula atau pengguna blog baru tidak mencantumkan atau memasukan gambar ke dalam postingannya. Adapun yang memasukan gambar, namun tidak memasang Alt Tag dan Tittle Tag pada gambar. Untuk mengetahui Cara Memasang Alt Tag dan Tittle Tag dan Pentingnya Alt Tag dan Tittle Tag terhadap gambar, silahkan baca artikel saya Cara SEO Agar Gambar dan Hyperlink Pada Blog Terindex Oleh Search Engine.

5. Berilah Tanda Cetak Tebal, Miring dan Garis Bawah Pada Postingan

Ini adalah salah satu agar search engine dapat mengindex isi postingan kita. Berikanlah tanda yang saya sebutkan di atas pada artikel Anda yang mengandung Keywords (Kata Kunci), (baca: Cara Mengatur Keyword (Kata Kunci) Blog Agar Lebih SEO) yang memungkinkan akan dicari oleh orang. Namun yang perlu Anda ingat adalah jangan sembarangan memberikan tanda tersebut pada kata-kata yang tidak penting, ini dapat mengakibatkan blog Anda di abaikan oleh search engine.

6. Memasukan Link Pada Topik Yang Sama

Ini berguna agar pembaca dapat membaca artikel Anda yang lainnya yang masih setopik. Dengan memberikan link pada arikel Anda, ini dapat meningkatkan SEO blog Anda (baca : Mengenal Apa Itu SEO Bagi Pemula | Cara SEO Terbaru 2016), karena saling berkaitan dengan link yang satu dengan link yang lainnya. Itu karena di nilai oleh search engin dan search engine mengangap bahwa postingan itu berkualitas. (baca: Mengenal Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page | Cara SEO Terbaru 2016)

7. Kerapian Postingan

Agar artikel lebih enak dibaca oleh pengunjung, buatlah postingan serapi mungkin dengan menggunakan Rata Kiri, Rata Tengah dan Rata Kanan.

8. Tentukanlah Kategori/Label Untuk Postingan

Ini hal perlu yang harus dipasang pada postingan Anda. Supaya agar pembaca dapat mengetahui postingan yang berhubungan dengan kategori/label tersebut.

10. Publishkan/Terbitkan Postingan Anda

Ini adalah hal terakhir dan hal wajib yang harus dilakukan terhadap postingan Anda. Karena tanpa menerbitkan postingan Anda tidak akan ada artinya Anda membuat postingan.

Nah itulah sedikit Tips dari saya dalam menulis postingan dalam artikel saya yang berjudul 10 Hal Wajib Yang Harus di Perhatikan Dalam Membuat Postingan Blog.
Semoga artikel ini membantu Anda untuk kedepannya dalam membuat postingan blog yang baik dan benar.
Load disqus comments

9 komentar